JENIS – JENIS BORDIR YANG PALING UMUM DIGUNAKAN UNTUK PEMBUATAN PAKAIAN KONVEKSI KAOS

Seperti yang kita ketahui bersama bukan, untuk pengaplikasian bordir ini merupakan sebuah alternatif pilihan. Yang digunakan untuk membuat variasi tambahan di pakaian selain sablon. Karena memang tidak semua bahan kain ini dapat di sablon. Maka untuk bordir ini pun bisa menjadi solusinya. Seperti yang kita tahu bukan, untuk nama bordir ini memang berasal dari bahasa belanda yang dikenal dengan menyulam. Sesuai dengan namanya bordir ini pun merupakan teknik sulam yang membentuk motif. Entah itu dalam bentuk tulisan atau gambar yang beragam. Dibuat di atas kain untuk pakaian sehingga mampu memperindah pakaian agar tidak terlihat polos.  Hingga saat ini untuk proses bordir pakaian yang ada di jasa konveksi kaos. Bisa dilakukan baik menggunakan teknik bordir manual dan digital. 

konveksi kaos

Inilah 4 Jenis Bordir Yang Digunakan Untuk Pembuatan Pakaian Konveksi

Kedua teknik tersebut masing – masing memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Sehingga memang dapat disesuaikan dengan masing – masing kebutuhan. Untuk produksi yang menggunakan teknik bordir komputer ini akan mempercepat proses pengerjaan. Terutama untuk produk yang dihasilkannya ini pun akan lebih banyak serta berkualitas. Sehingga akan lebih sama bagusnya dengan bordir manual. Untuk pengerjaan di konveksi kaos, bordir komputer memang paling sering dipakai. Akan tetapi ada juga yang masih menggunakan bordir manual untuk motif atau tulisan tertentu. Contohnya seperti tulisan nama masing – masing untuk diterapkan pada pakaian. Berikut ini ada beberapa jenis bordir yang sering digunakan untuk produksi pakaian diantaranya:

  • Jenis bordir stik

Untuk jenis bordir stik ini yang paling sering digunakan. Maka chain stitch atau bordir rantai ini tidak terlihat timbul seperti jenis bordir 3D.  Karena memang untuk bordir stik ini memang paling umum digunakan untuk bordir kaos. Selain itu digunakan untuk kemeja topi, busana muslim dll.  Dimana bordir ini tidak memberatkan kain, sehingga akan lebih aman diterapkan pada kain tipis seperti kaos.

  • Jenis bordir timbul atau 3D

Untuk jenis bordir 3D yang satu ini dinamakan 3D. Karena memang untuk gambar atau tulisan yang menggunakan bordiran jenis ini. Sudah pasti akan terlihat menyembul atau tampak keluar. Sehingga akan seperti ada efek 3D atau timbul. Untuk bordir timbul ini pun seringkali diaplikasikan pada baju kemeja dll. Bordir ini pun tidak bisa diterapkan pada kain yang tipis. Akan tetapi itu tergantung dari jenis gambar sesuai dengan permintaan pemesan. 

  • Bordir handuk atau towel

Jenis bordir komputer yang satu ini memang digunakan untuk pembuatan bordir handuk atau towel. Seringkali ini digunakan untuk pembuatan bordir jaket varsity. Akan tetapi kini bordir handuk dengan mesin komputer. Agar bisa digunakan pada pakaian kebaya, busana muslim, topi dan kerudung. 

  • Bordir tusuk jelujur

Untuk bordir tusukan yang satu ini merupakan tusukan jelujur untuk bordir manual. Dimana untuk jenis tusukan jelujur ini digunakan untuk membuat garis jelujur. Baik itu sambungan dan lipatan kain. Sebenarnya masih banyak lagi jenis tusukan bordir manual. Yakni dengan menggunakan tangan. Selain itu dimana jenis bordir manual bisa dikatakan lebih bervariasi teknik untuk membuat berbagai macam pola.

Nah, itulah beberapa jenis bordir yang digunakan oleh jasa konveksi untuk pembuatan pakaian kaos. Semoga bermanfaat serta dapat anda jadikan gambaran jika ingin mendesain dengan teknik bordir. Dengan begitu anda bisa mendapatkan pilihan ingin menggunakan bordir yang mana.